Baturaja, 4 juni 2024

Poltekkes Kemenkes Palembang adalah salah satu institusi pendidikan kesehatan terkemuka di Indonesia. Program Studi D3 Keperawatan di kampus Baturaja merupakan salah satu program unggulan yang bertujuan untuk menghasilkan perawat profesional yang kompeten dan siap kerja. Salah satu komponen penting dalam pendidikan keperawatan adalah praktik klinik, khususnya dalam bidang keperawatan anak. Pelaksanaan Praktik Klinik Keperawatan Anak bagi Mahasiswa Tk. 2 Semester IV Tahun Akademik 2023/2024 dilaksanakan di Rumah Sakit Islam (RSI) At-Taqwa Gumawang dan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) OKU Timur yang dilaksanakan pada tanggal 22 April 2024 – 03 Juni 2024.

Praktik klinik ini dibuka oleh direktur RSI At –taqwa gumawang yaitu dr.Muhammad Mukhlis, Kepal Diklat : Reoza osi pratama dan di RSUD Oku Timur dibuka oleh Sugihartono,M.Sc , Kepala Diklat: Fajar kurnia ningsih,S,Kep.Ns serta dihadiri oleh beberapa dosen pembimbing dari Poltekkes Kemenkes Palembang Prodi D3 Keperawatan Baturaja.

Praktik klinik keperawatan anak di RSI At-Taqwa Gumawang dan RSUD OKU Timur menunjukkan komitmen yang kuat dalam memberikan perawatan yang berkualitas bagi anak-anak. Meskipun memiliki pendekatan dan keunggulan yang berbeda, kedua rumah sakit ini berkontribusi signifikan terhadap kesehatan anak di wilayahnya masing-masing. RSI At-Taqwa Gumawang unggul dalam pendekatan holistik dan islami, sementara RSUD OKU Timur menawarkan layanan kesehatan yang komprehensif dan mudah diakses oleh masyarakat luas.

  • Tujuan Praktik Klinik Keperawatan Anak

Praktik klinik keperawatan anak bertujuan untuk memberikan pengalaman langsung kepada mahasiswa dalam menangani pasien anak. Tujuan utamanya adalah:

1.Mengembangkan Kompetensi Klinis : Mahasiswa dapat mengaplikasikan teori yang dipelajari di kelas ke dalam praktik nyata.

2.Mengasah Keterampilan Komunikasi : Mahasiswa belajar berinteraksi dengan pasien anak dan keluarganya, memahami kebutuhan mereka, serta memberikan edukasi kesehatan yang efektif.

3.Memperkuat Sikap Profesional : Melalui praktik klinik, mahasiswa belajar untuk bekerja dengan sikap profesional dan etis dalam lingkungan rumah sakit.

  • Persiapan Sebelum Praktik

Sebelum terjun ke praktik klinik, mahasiswa mengikuti serangkaian persiapan yang meliputi:

1.Pembekalan Teori : Mahasiswa dibekali dengan pengetahuan teori tentang keperawatan anak, termasuk perkembangan anak, penyakit yang sering dialami anak, serta pendekatan perawatan yang tepat.

2.Simulasi Klinis : Melalui laboratorium keterampilan, mahasiswa berlatih teknik-teknik dasar keperawatan pada anak, seperti pengukuran tanda vital, pemberian obat, dan perawatan luka.

3.Pembekalan Etika dan Komunikasi : Mahasiswa belajar tentang etika keperawatan dan teknik komunikasi efektif dengan anak dan keluarganya.

  • Pengalaman Praktik Klinik

Praktik klinik keperawatan anak dilakukan di berbagai rumah sakit yang telah bekerja sama dengan Poltekkes Kemenkes Palembang, seperti RSUD OKU Timur dan RSI At-Taqwa Gumawang. Berikut adalah beberapa aspek penting dari pengalaman praktik klinik:

  • Pendampingan oleh CI/ pembimbing lahan

Selama praktik, mahasiswa dibimbing oleh perawat senior atau preseptor yang berpengalaman dalam keperawatan anak. Preseptor memberikan arahan, umpan balik, dan evaluasi terhadap kinerja mahasiswa.

  •  Penerapan Asuhan Keperawatan

Mahasiswa terlibat dalam berbagai aktivitas keperawatan anak, seperti:

1.  Pengkajian Kesehatan : Melakukan pengkajian fisik dan emosional pada anak untuk mengidentifikasi kebutuhan perawatan.

2.  Pelaksanaan Intervensi : Memberikan perawatan langsung seperti pemberian obat, perawatan luka, dan pemantauan kondisi kesehatan anak.

3.  Edukasi Kesehatan : Memberikan edukasi kepada orang tua atau pengasuh mengenai perawatan anak di rumah, imunisasi, dan gizi yang seimbang.

  • Manfaat Praktik Klinik

Praktik klinik memberikan banyak manfaat bagi mahasiswa, antara lain:

1.  Peningkatan Keterampilan Klinis : Mahasiswa dapat meningkatkan keterampilan teknis dan klinis dalam merawat pasien anak.

2.  Pengalaman Nyata : Mahasiswa mendapatkan pengalaman nyata dalam lingkungan rumah sakit, yang mempersiapkan mereka untuk tantangan di dunia kerja.

3.  Pengembangan Soft Skills : Melalui interaksi dengan anak dan keluarga, mahasiswa mengembangkan keterampilan komunikasi, empati, dan kemampuan bekerja dalam tim.

Praktik klinik keperawatan anak bagi mahasiswa Prodi D3 Keperawatan Baturaja Poltekkes Kemenkes Palembang merupakan komponen penting dalam pendidikan mereka. Pengalaman ini tidak hanya memperkaya pengetahuan dan keterampilan klinis mereka, tetapi juga mengembangkan sikap profesional dan kemampuan interpersonal yang sangat penting dalam karir keperawatan. Melalui bimbingan preseptor dan pengalaman langsung di lapangan, mahasiswa siap untuk menjadi perawat yang kompeten dan profesional dalam memberikan perawatan terbaik bagi anak-anak.Kegiatan ini  dilaksanakan sebagai bentuk kepedulian kepada masyarakat yang membutuhkan, dan diharapkan dapat memberikan manfaat dan dampak positif bagi masyarakat, dan sekitarnya.

Reported by : Tiara Rhamadhona ( Mahasiswa Tingkat 2)

Leave a Comment

four × 3 =