Baturaja, 4 juni 2024

Praktik Klinik Keperawatan Maternitas: Mengasah Keterampilan dan Profesionalisme Perawat

Praktik klinik merupakan komponen penting dalam pendidikan keperawatan, khususnya di bidang keperawatan maternitas. Mahasiswa Program Studi D3 Keperawatan Baturaja, Poltekkes Kemenkes Palembang, mendapatkan kesempatan untuk mengaplikasikan ilmu yang telah dipelajari di kampus melalui praktik klinik di berbagai rumah sakit. Pada tahun ini, praktik klinik keperawatan maternitas dilaksanakan di Rumah Sakit Islam (RSI) At-Taqwa Gumawang dan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) OKU Timur. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi mahasiswa dalam memberikan asuhan keperawatan pada ibu hamil, bersalin, Postpartum, serta bayi baru lahir. Praktik Klinik Keperawatan Maternitas yang di praktikkan Rumah Sakit Islam (RSI) At-Taqwa Gumawang dan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) OKU Timur yang telah dilaksanakan pada tanggal 22 april 2024 – 03 juni 2024.

Praktik klinik ini dibuka oleh direktur RSI At –taqwa gumawang yaitu dr.Muhammad Mukhlis, diklat: Reoza osi pratama dan di RSUD Oku Timur dibuka oleh Sugihartono,M.Sc , diklat: Fajar kurnia ningsih,S,Kep.Ns serta dihadiri oleh beberapa dosen pembimbing dari poltekkes kemenkes palembang prodi D3 keperawatan baturaja.

Keperawatan maternitas adalah bidang dalam keperawatan yang berfokus pada kesehatan ibu dan bayi selama masa kehamilan, persalinan, dan postpartum. Praktik klinik dalam keperawatan maternitas memberikan kesempatan kepada mahasiswa keperawatan untuk mengaplikasikan pengetahuan teori mereka dalam situasi klinis nyata.

  • Tujuan Praktik Klinik Keperawatan Maternitas

Praktik klinik keperawatan maternitas memiliki beberapa tujuan utama:

1. Mengembangkan Kompetensi Klinis : Mahasiswa dapat mengaplikasikan pengetahuan teoritis dalam situasi klinis yang nyata.

2.Mengasah Keterampilan Teknis : Mahasiswa belajar dan melatih keterampilan teknis yang spesifik untuk keperawatan maternitas, seperti membantu persalinan dan perawatan postpartum.

3.Meningkatkan Keterampilan Komunikasi : Mahasiswa belajar berinteraksi dengan ibu hamil, ibu yang baru melahirkan, dan anggota keluarga mereka dengan cara yang efektif dan empatik.

4.Memperkuat Sikap Profesional : Melalui praktik klinik, mahasiswa mengembangkan sikap profesional, etis, dan tanggung jawab dalam memberikan perawatan.

  • Persiapan Sebelum Praktik Klinik

Sebelum memulai praktik klinik keperawatan maternitas, mahasiswa harus melalui beberapa tahap persiapan:

1.  Pembekalan Teori : Mahasiswa dibekali dengan pengetahuan dasar tentang kehamilan, persalinan, dan perawatan postpartum. Topik-topik yang dipelajari termasuk anatomi dan fisiologi kehamilan, komplikasi kehamilan, teknik persalinan, dan perawatan bayi baru lahir.

2. Latihan Simulasi : Di laboratorium keterampilan, mahasiswa berlatih prosedur klinis seperti pemeriksaan kehamilan, teknik persalinan, dan perawatan ibu serta bayi pasca melahirkan.

3.  Pembekalan Etika dan Komunikasi : Mahasiswa juga mempelajari etika keperawatan dan teknik komunikasi yang efektif untuk berinteraksi dengan pasien dan keluarganya.

  • Pengalaman Praktik Klinik

Praktik klinik keperawatan maternitas biasanya dilakukan di rumah sakit yang memiliki fasilitas maternitas, seperti rumah sakit bersalin, rumah sakit umum, atau pusat kesehatan ibu dan anak. Berikut beberapa pengalaman penting selama praktik klinik:

  • Pendampingan oleh CI/ pembimbing lahan

Selama praktik klinik, mahasiswa dibimbing oleh preseptor atau perawat senior yang berpengalaman dalam keperawatan maternitas. Preseptor memberikan bimbingan, umpan balik, dan evaluasi terhadap kinerja mahasiswa.

  • Kegiatan Praktik Klinis

Mahasiswa terlibat dalam berbagai kegiatan praktik klinis, termasuk:

1.Pengkajian Kehamilan : Melakukan pemeriksaan kehamilan untuk memantau kesehatan ibu dan janin, termasuk pemeriksaan tekanan darah, pengukuran tinggi fundus, dan pemantauan detak jantung janin.

2.Pendampingan Persalinan : Mahasiswa membantu dalam proses persalinan, termasuk memberikan dukungan emosional kepada ibu, membantu dalam teknik pernapasan, dan mempersiapkan peralatan persalinan.

3.Perawatan Postpartum : Mahasiswa memberikan perawatan kepada ibu dan bayi pasca melahirkan, termasuk memberikan edukasi tentang menyusui, perawatan bayi baru lahir, dan pemulihan pasca persalinan.

4.Edukasi Kesehatan : Memberikan edukasi kepada ibu hamil dan ibu yang baru melahirkan tentang perawatan diri, gizi, dan tanda-tanda komplikasi yang harus diwaspadai.

  • Manfaat Praktik Klinik Keperawatan Maternitas

Praktik klinik keperawatan maternitas memberikan banyak manfaat bagi mahasiswa, antara lain:

1.  Peningkatan Keterampilan Klinis : Mahasiswa dapat mengasah keterampilan teknis dan klinis dalam situasi nyata, yang sangat penting untuk karir keperawatan mereka.

2.  Pengalaman Langsung : Mahasiswa mendapatkan pengalaman langsung dalam lingkungan klinis, yang membantu mereka memahami dinamika dan tantangan dalam perawatan maternitas.

3.  Pengembangan Soft Skills : Melalui interaksi dengan pasien dan keluarga, mahasiswa mengembangkan keterampilan komunikasi, empati, dan kemampuan bekerja dalam tim.

4.  Persiapan Profesional : Praktik klinik membantu mahasiswa mempersiapkan diri untuk bekerja dalam lingkungan profesional, mengembangkan sikap etis, dan meningkatkan rasa tanggung jawab dalam perawatan pasien.

            Praktik klinik keperawatan maternitas merupakan bagian integral dari pendidikan keperawatan yang memberikan pengalaman berharga bagi mahasiswa. Melalui praktik klinik, mahasiswa dapat mengaplikasikan pengetahuan teori, mengembangkan keterampilan teknis dan komunikasi, serta mempersiapkan diri untuk menjadi perawat yang kompeten dan profesional. Dengan bimbingan preseptor dan pengalaman langsung di lapangan, mahasiswa siap untuk menghadapi tantangan dalam dunia keperawatan maternitas dan memberikan perawatan terbaik bagi ibu dan bayi.

Reported by : Tiara Rhamadhona ( Mahasiswa Tingkat 2)

Leave a Comment

18 − eight =