Baturaja, 02 Juli 2024.

Poltekkes Kemenkes Palembang Program Studi D3 Keperawatan Baturaja telah melaksanakan kegiatan Kuliah Pakar yang diselenggarakan oleh Departemen Keperawatan Gerontik dan komunitas yang diketuai oleh Bapak Ns. Gunardi Pome, S.Ag, S.Kep, M.Kes. Kegiatan ini bertema “Penerapan Asuhan Keperawatan Gerontik dalam  Penatalaksanaan Layanan Home Care di Rumah Sakit dan Komunitas” untuk mendukung program unggulan Prodi Keperawatan Baturaja yaitu HOMECARE. Pelaksanaan Kuliah pakar dibuka oleh Direktur Bapak Muhammad Taswin, S.Si, Apt, MM, M.Kes dan di hadiri oleh Ketua Jurusan Keperawatan bapak Dr. Mulyadi, S.Kp.M.Kes serta Kaprodi Keperawatan Lahat Bapak A. Gani, S.Pd, SKM, S.Kep, M.Kes, Kaprodi Lubuk Linggau Ibu Hj.Susmini, SKM.,M.Kes.

Adapun sebagai Narasumber 1 yaitu Ibu Indera Aini, S.Kep, Ners, M.Kep Bidang Kepakaran Gerontik dan Komite Keperawatan, merupakan Penanggung jawab Pelayanan dan Mutu Pulayana Geriatri dari RSUD Dr. Kariadi Semarang dan juga merupakan Ketua IPEGERI Provinsi Jawa Tengah. Kegiatan sesi I dimulai pada pukul 08.00 s/d 12.00 WIB. adapun materi yang disampaikan yaitu Penerapan Asuhan Keperawatan Gerontik Dalam Pelaksanaan Layanan Home Care Di Rumah Sakit dan Pelaksanaan Homecare RS Dr. Kariadi Semarang.

Kemudian dilanjutkan dengan sesi ke II yang menghadirkan narasumber ke 2 yaitu Bpk. Muhamad Jauhar, S.kep., Ners, M.Kep. BIdang Kepakaran Keperawatan Komunitas, Keluarga, dan Gerontik, merupakan Penanggung jawab Bidang Pengembangan Publikasi Ilmiah dan Jurnal Ilmiah LPPM UMKU Universitas Muhammadiyah Kudus. adapun materi yang disampaikan yaitu Konsep Home care dalam prespektif  keperawatan gerontik (Pemaparan Askep Keluarga) dan Penerapan asuhan keperawatan gerontik dalam pelaksanaan layanan home care di Komunitas.

Kegiatan ini dilaksanakan secara hybrid yang diikuti oleh Mahasiswa/i tingkat I, II dan III. Bagi tingkat I dan II mengikuti secara daring sedangkan untuk tingkat III dilaksanakan secara luring. Kuliah pakar ini dimulai pada pukul 08.00 s/d 16.00 WIB. Kuliah pakar ini bertujuan agar mahasiswa mampu memahami teknis pelaksanaan asuhan keperawatan gerontik pada saat melakukan layanan home care serta Mampu dan siap melaksanakan praktik asuhan keperawatan gerontik sehat ataupun sakit dalam  layanan home care di Komunitas.

Pentingnya kegiatan ini terletak pada komitmen departemen dalam menyediakan pengajaran berkualitas tinggi yang relevan dengan kebutuhan kesehatan masyarakat. Dengan mengajak mahasiswa untuk mempelajari tentang Konsep Home care dalam prespektif  keperawatan gerontik (Pemaparan Askep Keluarga) dan Penerapan asuhan keperawatan gerontik dalam pelaksanaan layanan home care di Komunitas.

Diharapkan setelah mengikuti kegiatan kuliah pakar ini mahasiswa dapat mengembangkan pemahaman, kreativitas dan inovasi dalam penatalaksanaan  perawatan gerontik sehat/sakit dalam tatanan homecare nursing, mendapatkan informasi dari praktisi kesehatan sekaligus akademisi dalam penatalaksanaan perawatan gerontik sehat/sakit pada layanan home care di Rumah sakit dan Komunitas Menunjang pencapaian unggulan institusi yaitu terampil dalam memberikan layanan home care.

Leave a Comment

15 + six =