Baturaja, 23 Februari 2024

Civitas Akademika Poltekkes Kemenkes Palembang Prodi Keperawatan Baturaja, mengadakan Jum’at Berkah  dengan tema “Menebarkan Kebaikan di Jum’at berkah”, kegiatan ini bertujuan untuk membagikan makanan atau minuman secara gratis kepada  masyarakat yang membutuhkan di area sekitar baturaja timur, jum’at berkah ini diadakan dua kali dalam satu bulan.

Dalam Jumat berkah, peran perawat dalam masyarakat sekitar masih sangat penting. Mereka tidak hanya memberikan perawatan kesehatan fisik, tetapi juga memberikan dukungan emosional dan spiritual kepada individu dan keluarga mereka. Pada Jumat berkah, perawat dapat memanfaatkan momen ini untuk menguatkan hubungan dengan masyarakat, memberikan nasihat kesehatan yang relevan, dan mempromosikan kebiasaan hidup sehat yang sesuai dengan nilai-nilai agama dan budaya setempat. Dengan demikian, perawat turut berperan dalam memperkuat kesejahteraan fisik, emosional, dan spiritual masyarakat sekitar, menjadikan Jumat berkah sebagai momentum untuk mempererat ikatan antara perawat dan komunitas.

Bersedekah pada hari Jum’at bukanlah hanya tentang memberikan sejumlah uang atau harta, tetapi juga tentang memahami makna mendalam di balik tindakan tersebut. Sedekah adalah ekspresi kasih sayang, belas kasihan, dan solidaritas dengan mereka yang membutuhkan.

Ini adalah wujud nyata dari kepedulian kita terhadap kesulitan orang lain dan keinginan kita untuk membantu meringankan beban mereka. Mari kita bersama-sama menjadikan hari Jum’at sebagai waktu yang berarti, sebagai saat untuk berbagi, berdoa, dan merasakan keberkahan yang luar biasa. Dengan melakukannya, kita menjalani hidup yang lebih kaya makna, lebih mendekatkan diri kepada Allah, dan lebih memberi arti bagi orang lain.

Dengan adanya program ini diharpkan dapat menumbuhkan dan membentuk rasa peduli dan empati terhadap masyarakat, dimana rasa tersebut wajib dimiliki oleh seorang perawat, agar dapat melaksanakan tugas sebagai seorang perawat dengan tulus.

Kegiatan ini didasari oleh Program Kerja Divisi Perekonomian dan divisi kerohanian Himpunan Mahasiswa Program Studi D-III Keperawatan Baturaja.

Adapun mahasiswa yang terlibat dalam jum’at berkah ini:

Ketua Pelaksana: Rintan sari

Wakil ketua     : Khalifah iswara

Anggota          : Rahayu dini lestari, Nindy desriani, Dea zajuniko, Alda fetrisya Amanda, Sasi aulia Rahmi, Tiara Rhamadhona

Kegiatan ini dilaksanakan sebagai bentuk kepedulian kepada masyarakat yang membutuhkan, dan diharapkan dapat memberikan manfaat dan dampak positif bagi masyarakat, dan sekitarnya.

Reported by : Tiara Rhamadhona ( Mahasiswa Tingkat 2)

Leave a Comment

one × four =